Pada Tahun Akademik 2002/2003, Untar membuka Program Studi Teknik Informatika, dengan dikeluarkan surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 155/DIKTI/KEP/1992 tentang pemberian status terdaftar kepada Jurusan Teknik Informatika pada tanggal 28 April 1992 yang berada di bawah naungan Fakultas Teknik.
Dengan berjalannya waktu, Program Studi Teknik Informatika berkembang dengan pesat, dapat meluluskan sarjana negara tepat waktu (4 tahun) dan lulusannya dapat bersaing di dunia kerja baik dalam negeri maupun di luar negeri. Pada tanggal 23 April 2000, berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT Nomor : 004/BAN-PT/AK-IV/2000, Program Studi Teknik Informatika memperoleh akreditasi dengan peringkat “A”, maka Program Studi Teknik Informatika Untar banyak diminati oleh masyarakat dan semakin mantap berkiprah di bidang TI. Untar melihat dengan semakin meningkatnya kebutuhan tenaga kerja di bidang TI, dan adanya sumber daya yang memadai, maka program studi di bidang TI perlu dikembangkan di Untar.
Pada tahun 2001 dikeluarkan Surat Keputusan Rektor Nomor: 01-305/KR/UNTAR/X, tanggal 26 oktober 2001 tentang Pembukaan dan Penyelenggaraan Fakultas Teknologi Informasi Untar (FTI Untar). FTI Untar terdiri dari 3 program studi yaitu Program Studi Teknik Informatika, Program Studi Sistem Informasi, dan Program Studi Sistem Komputer resmi dipisahkan dari naungan Fakultas Teknik dan berada di bawah naungan FTI Untar sejak tanggal 1 Januari 2002.
Tahun 2005, program studi Teknik Informatika di-reakreditasi dan mengalami penuruan angka akreditasi menjadi B berdasarkan SK BAN-PT nomor 07516/Ak-IX-S1-015/UTATLF/VIII/2005. Pada tahun 2010 dengan SK BAN-PT nomor 029/BAN-PT/Ak-XIII/S1/XII/2010, akreditasi kembali A. Pada tahun 2015 akreditasi Program Studi Teknik Informatika menjadi B kembali berdasarkan SK BAN PT No. 1011/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015. Kemudian pada tahun 2020 Program Studi Teknik Informatika kembali mendapatkan akreditasi A berdasarkan SK BAN PT Nomor 6732/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2020 dan prestasi ini menempatkan Teknik Informatika menjadi salah satu program studi terbaik untuk kategori perguruan tinggi swasta di Indonesia.
Visi dan misi program studi dibentuk berdasarkan penurunan dari visi dan misi Fakultas. Tujuan disusun sebagai strategi untuk mendetailkan pelaksanaan misi dan mewujudkan visi program studi.
Visi:
Menjadi program studi yang unggul di kawasan Asia Tenggara untuk menghasilkan lulusan yang profesional dalam pengembangan Teknik Informatika serta memiliki integritas dan berjiwa enterpreneur pada tahun 2025.
Misi:
- Menyelenggarakan pendidikan di bidang teknik informatika berlandaskan nilai integritas, profesional, dan berjiwa entrepreneurial,
- Menyelenggarakan dan mengembangkan tridharma perguruan tinggi di bidang teknik informatika untuk mencapai keunggulan institusi berlandaskan nilai-nilai integritas, profesional dan entrepreneurship,
- Mengembangkan dan memanfaatkan ilmu teknik Informatika secara berkesinambungan untuk mencapai keunggulan institusi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat
- Menyelenggarakan kerjasama yang saling menguntungkan di bidang teknologi informasi dengan institusi di dalam negeri maupun di luar negeri untuk mendukung pertumbuhan program studi dan peningkatan kualitas pembelajaran.
Tujuan:
Berdasarkan visi dan misi program studi tersebut, program studi memiliki lima tujuan yang dirumuskan sebagai berikut:
- Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang teknik informatika, berbudi luhur, berwawasan kebangsaan dan menghargai pluralitas,
- Menghasilkan lulusan yang berintegritas dan professional di bidang teknik informatika, serta memiliki jiwa entrepreneurial.
- Menghasilkan aplikasi unggulan yang mengimplentasikan sistem cerdas untuk rekayasa data dan pengembangan game untuk mencapai keunggulan institusi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,
- Menjalin dan memperluas kerjasama di dalam dan di luar negeri berlandaskan nilai-nilai integritas, profesional dan entrepreneurial untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mendukung pertumbuhan program studi.
- Meningkatkan kualitas sumber daya manusia terkait keilmuan dan keahlian dalam mengimplementasikan sistem cerdas untuk rekayasa data dan pengembangan game.
Dilandaskan pada Visi dan Misi Program Studi, pendidikan sarjana strata satu pada program studi Teknik Informatika ditargetkan untuk menghasilkan lulusan dengan kompetensi untuk “Menjadi profesional IT yang memiliki integritas dan berjiwa kewirausahaan dalam mengembangkan sistem komputasi cerdas (Computational Intelligence) yang handal sesuai perkembangan teknologi terkini” dan memiliki profil sebagai berikut:
- Software Engineer: berperan sebagai pengembang perangkat lunak untuk berbagai kebutuhan pada berbagai platform,
- Data Scientist: berperan sebagai data analis dalam menafsirkan data digital menggunakan berbagai tools dan pemrograman untuk membantu organisasi dalam pengambilan keputusan,
- Smart Systems Developer: berperan sebagai pengembang perangkat lunak dengan menerapkan algoritma kecerdasan buatan untuk menghasilkan sistem cerdas pada dunia industri, bisnis, dan organisasi,
- Game Developer: berperan sebagai pengembang permainan atau game dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu untuk dipublikasikan
- IT Consultant: berperan sebagai perencana dan evaluator dalam penerapan teknologi informasi pada sebuah organisasi
- Technopreneur: berperan sebagai pencipta peluang usaha dengan memanfaatkan teknologi
Capaian Pembelajaran Lulusan
Sikap
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap relijius | ||
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika | ||
S3 | Dapat berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme, serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa | ||
S4 | Dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila | ||
S5 | Dapat bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan | ||
S6 | Dapat menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain | ||
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara | ||
S8 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri | ||
S9 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik | ||
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
Pengetahuan
P1 | Menguasai prinsip dan metode matematika untuk menyelesaikan masalah komputasi | ||
P2 | Menguasai prinsip pengembangan algoritma dan berbagai konsep bahasa pemrograman untuk penyelesaian masalah | ||
P3 | Menguasai konsep dan prinsip-prinsip sistem cerdas untuk pengembangan aplikasi sistem cerdas di berbagai bidang | ||
P4 | Menguasai konsep-konsep dasar pengembangan perangkat lunak, memiliki kecakapan yang berhubungan dengan proses pengembangan perangkat lunak, serta mampu membuat program untuk meningkatkan efektivitas penggunaan komputer untuk memecahkan masalah | ||
P5 | Menguasai konsep arsitektur dan organisasi komputer serta memanfaatkannya untuk menunjang aplikasi komputer | ||
P6 | Memahami prinsip dasar sistem jaringan komputer untuk mengembangkan aplikasi berbasis jaringan dengan menerapkan manajemen informasi dan keamanan jaringan | ||
P7 | Memiliki pengetahuan akan perkembangan teknologi terkini dan cara pemanfaatannya di berbagai bidang |
Keterampilan Umum
KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan Teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya | ||
KU2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur | ||
KU3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai keahliannya berdasarkan kaidah, tata carac dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni | ||
KU4 | Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi | ||
KU5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data | ||
KU6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, dan sejawat, baik di dalam maupun di luar lembaganya | ||
KU7 | Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya | ||
KU8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri | ||
KU9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menentukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi | ||
KU10 | Memiliki kemampuan (pengelolaan) manajerial tim dan kerja sama (team work), manajemen diri, mampu berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan baik dan mampu melakukan presentasi | ||
KU11 | Mampu menerapkan kewirausahaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi |
Keterampilan Khusus
KK1 | Mampu membuat dan mengintegrasikan aplikasi berbasis desktop, web, atau mobile yang berestetika, komunikatif, dinamis, dan interaktif | ||
KK2 | Mampu membangun intelligent systems dan aplikasinya untuk mempermudah kehidupan manusia serta menciptakan peluang wirausaha | ||
KK3 | Mampu memproses dan menganalisis permasalahan yang berhubungan dengan big data dan mengimplementasikan hasil analisis tersebut dalam suatu aplikasi inovatif yang menunjang kewirausahaan di bidang teknologi informasi | ||
KK4 | Menguasai langkah-langkah dalam pembuatan game dan mampu membuat game yang memiliki gameplay dan fitur menarik sesuai dengan aspek desain sehingga memiliki nilai jual baik berdasarkan umpan balik dari konsumen |