Program Studi Sistem Informasi

 

Program Studi Sistem Informasi (PSSI) Universitas Tarumanagara diselenggarakan pertama kali pada tahun Akademik 2000/2001 berdasarkan Surat Keputusan Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor : 163/Dikti/Kep/2000 Tanggal 30 Mei 2000. Saat ini terakreditasi dengan Peringkat A oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN PT) dengan Nomor 2009/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018. PSSI Universitas Tarumanagara memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang berkompetensi di bidang Sistem Informasi khususnya bidang database application development dan enterprise applications management.

PSSI Universitas Tarumanagara memiliki kurikulum yang sesuai dengan standar pendidikan nasional dan juga disesuaikan (link and match) dengan kebutuhan dunia kerja dan industry, serta memiliki tenaga pengajar yang berkualitas dan berpengalaman dengan kualifikasi pendidikan S2 dan S3 dalam dan luar negeri. Mahasiswa juga dibekali dengan pengetahuan soft skill untuk menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kreatif, inovatif dan memiliki etika yang baik serta mampu bersaing dalam dunia kerja dan industri di tingkat nasional dan Asia Tenggara. Prodi Sistem Informasi Universitas Tarumanagara siap menjawab tantangan kebutuhan Sarjana Sistem Informasi yang kompeten dan professional.

 

Visi Program Studi Sistem Informasi :
Menjadi Program Studi yang unggul di kawasan Asia Tenggara untuk menghasilkan lulusan yang profesional dalam pengembangan Sistem Informasi serta memiliki integritas dan berjiwa enterpreneur pada tahun 2025.

Misi Program Studi Sistem Informasi :
1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang sistem informasi berlandaskan nilai integritas, profesional, dan entrepreneurship.
2. Menyelenggarakan dan mengembangkan tridharma perguruan tinggi di bidang sistem informasi untuk mencapai keunggulan institusi berlandaskan nilai-nilai integritas, profesional dan entrepreneurship.
3. Mengembangkan dan memanfaatkan ilmu sistem informasi untuk menghasilkan sistem dan aplikasi untuk pemberdayaan masyarakat.
4. Menyelenggarakan kerja sama yang saling menguntungkan di bidang teknologi informasi dengan institusi di dalam negeri maupun di luar negeri untuk mendukung pertumbuhan program studi dan peningkatan kualitas pembelajaran.

 

Tujuan Program Studi Sistem Informasi :
Memberikan bekal-bekal dalam penguasaan :
1. Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang sistem informasi, berbudi luhur, berwawasan kebangsaan dan menghargai pluralitas.
2. Menghasilkan lulusan yang berintegritas, professional di bidang sistem informasi , serta memiliki jiwa entrepreneurial.
3. Menciptakan pusat keilmuan untuk pengembangan SDM dan penerapan IPTEK di bidang sistem informasi secara berkelanjutan.
4. Menjalin dan memperluas kerjasama di dalam dan di luar negeri berlandaskan nilai-nilai integritas, profesional dan entrepreneurial untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mendukung pertumbuhan program studi.
5. Menciptakan keunggulan dalam perancangan dan implementasi sistem informasi untuk pengelolaan organisasi dan pemberdayaan masyarakat.

 

Lapangan Kerja :
a.Information Systems Manager
b.Project Manager
c.Business Analyst
d.Systems Analyst
e.Database Administrator
f.Web Designer and Developer
g.Business Intelligence Specialist

 

Bidang Kajian Penelitian (untuk dosen dan mahasiswa) :
1.Busines Intelligence dan Big Data Analytic
2.Enterprise Database
 

 

Profil Lulusan :

Profil Profesional Mandiri Program Studi sistem Informasi: Lulusan yang Profesional dalam bidang Sistem Informasi, terutama dalam bidang Enterprise Database Application dan Business Intelligence, memiliki integritas dan berjiwa entrepreneur.

a. System Analyst: bertanggung jawab atas pembuatan sistem informasi, mulai dari analisis masalah, perancangan sistem, pemilihan tools serta memberi solusi untuk permasalahan yang ada di perusahaan.

b. Business Intelligence Specialist: berperan dalam mengolah seluruh data mentah yang tersimpan dalam berbagai tempat penyimpanan seperti Data Warehouse, Data Marts ataupun Data Lake dan mengubahnya menjadi informasi penting yang dapat mendukung dalam pengambilan keputusan.

c. System Developer: berperan sebagai pengembang perangkat lunak dengan berbagai aplikasi sistem informasi untuk perusahaan.

d. ERP Specialist: sebagai pengembang sistem informasi yang berperan mengintegrasikan dan mengotomatiskan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan.

e. IT Consultant: berperan sebagai perencana dan evaluator dalam penerapan teknologi informasi pada sebuah organisasi.

f. Technopreneur: berperan sebagai pencipta peluang usaha dengan memanfaatkan teknologi informasi.

 

Peta Kurikulum 2020