Akademik & Kurikulum Program Studi

Sarjana Teknik Informatika

Visi Program Studi

Menjadi program studi yang unggul di kawasan Asia Tenggara untuk menghasilkan lulusan yang profesional dalam pengembangan Teknik Informatika serta memiliki integritas dan berjiwa entrepreneur pada tahun 2025.

Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang teknik informatika berlandaskan nilai integritas, profesional, dan berjiwa entrepreneurial.
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan tridharma perguruan tinggi di bidang Teknik Informatika untuk mencapai keunggulan institusi berlandaskan nilai-nilai integritas, profesional dan entrepreneurship.
  3. Mengembangkan dan memanfaatkan ilmu Teknik Informatika secara berkesinambungan untuk mencapai keunggulan institusi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan kerja sama yang saling menguntungkan di bidang Teknologi Informasi dengan institusi di dalam negeri maupun di luar negeri untuk mendukung pertumbuhan program studi dan peningkatan kualitas pembelajaran.

Profil Lulusan

  • Lulusan berjiwa wirausaha, berintegritas, dan profesional.
  • Lulusan menguasai konsep komputasi dan tren teknologi terkini.
  • Lulusan mampu menganalisis masalah komputasi dan merancang solusi.
  • Lulusan mampu merancang, menerapkan, dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi.
  • Lulusan mampu menerapkan ilmu Data Science, Smart System, dan Game Development.

Capaian Pembelajaran

Rumusan Sikap

CPL01. Menunjukkan sikap berintegritas, berjiwa wirausaha, serta mampu berkontribusi secara profesional dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila.

CPL02. Mengelola perkembangan teknologi terkini serta mampu bersikap atas implikasi kemajuan teknologi pada kehidupan bermasyarakat.

 

Rumusan Pengetahuan

CPL03. Memiliki pengetahuan yang memadai terkait cara kerja sistem komputer dan mampu menerapkan/menggunakan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah pada suatu organisasi.

CPL04. Memiliki kompetensi untuk menganalisis persoalan computing yang kompleks untuk mengidentifikasi solusi pengelolaan proyek teknologi bidang informatika/ilmu komputer dengan mempertimbangkan wawasan perkembangan ilmu transdisiplin.

CPL05. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer/Informatika dalam mendesain dan mensimulasikan aplikasi teknologi multi-platform yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat.

 

Rumusan Keterampilan Umum

CPL06. Mampu mengkaji dan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan Teknologi, dan mampu menunjukkan pekerjaan yang bermutu dan terukur.

CPL07. Mampu menerapkan kewirausahaan berbasis teknologi informasi, serta memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora.

 

Rumusan Keterampilan Khusus

CPL08. Kemampuan mengimplementasi kebutuhan computing dengan mempertimbangkan berbagai metode/algoritma yang sesuai.

CPL09. Kemampuan menganalisis, merancang, membuat dan mengevaluasi user interface dan aplikasi interaktif dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan perkembangan ilmu transdisiplin.

CPL10. Kemampuan mendesain, mengimplementasi, dan mengevaluasi solusi berbasis computing multi-platform yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan computing pada sebuah organisasi.

Peta Kurikulum

Mata Kuliah

Semester 1

  • Computation 1
  • Algorithms
  • Fundamental Programming
  • Database Systems
  • IT Trends

Semester 2

  • Computation II
  • Numerical Method
  • Data Structures
  • Big Data
  • Back-End Programming

Semester 3

  • Front-End Programming
  • Mobile Programming
  • Computer Systems
  • Distributed Systems
  • Introduction to Operating Systems

Semester 4

  • Software Development
  • Artificial Intelligence
  • Humaniora
  • Mata Kuliah Pilihan 1*

Semester 5

  • Mata Kuliah Lintas Prodi 1
  • Mata Kuliah Lintas Prodi 2
  • Mata Kuliah Lintas Prodi 3
  • Mata Kuliah Lintas Prodi 4
  • Mata Kuliah Lintas Prodi 5

Semester 6

MBKM, mahasiswa dapat memilih salah satu dari:

  • Magang Industri
  • Proyek/Studi Independen
  • Mengajar di Satuan Pendidikan
  • Penelitian
  • Proyek Kemanusiaan
  • KKN Tematik
  • Kegiatan Wirausaha
  • Pertukaran Pelajar

Semester 7

  • Technopreneurship
  • Mata Kuliah Pilihan 2*
  • Mata Kuliah Pilihan 3*

Semester 8

  • Skripsi
  • Publikasi

Mata Kuliah Peminatan dan Mata Kuliah Pilihan

Peminatan Data Science :

  • Data Mining
  • Machine Learning
  • Business Process Re-engineering
  • Natural Language Processing
  • Operations Research

Peminatan Intellegence System :

  • Artificial Neural Network
  • Computer Vision
  • Sensing and Autonomous System

Peminatan Game Development :

  • Essential Game Development
  • Interactive Game Design

Mata Kuliah Pilihan :

  • Java Programming