Soroti Peran Manusia di Era Kecerdasan Buatan, Lina Dikukuhkan Sebagai Profesor

Prof. Lina, S.T., M.Kom., Ph.D. dari Fakultas Teknologi Informasi (FTI) resmi dikukuhkan menjadi Profesor Tetap Bidang Ilmu Teknik Informatika dalam upacara pengukuhan di Auditorium Kampus I Untar, Rabu (6/3).

Upacara pengukuhan dipimpin Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., ASEAN Eng. dan dihadiri Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara Prof. Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H., dan perwakilan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (LLDikti III).

Dalam pidato pengukuhan berjudul “Beyond Tomorrow: Menavigasi Lanskap Kecerdasan Buatan di Masa Depan”, Prof. Lina menyoroti peran manusia dalam menghadapi era kecerdasan buatan yang semakin berkembang pesat.

Pidatonya menekankan perlunya eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi terhadap pandangan dan kerja sama dengan mesin untuk menghasilkan inovasi kreatif secara efisien.

“Mesin dengan kecerdasan buatan tidak akan menggantikan manusia, namun manusia dengan kecerdasan buatan akan menggantikan manusia yang tidak menggunakannya,” ungkap Prof. Lina.

Selain Prof. Lina, upacara pengukuhan ini juga mengukuhkan Prof. Dr. Drs. Sawidji Widoatmodjo, S.E., M.M. serta Prof. Dr. Ignatius Roni Setyawan, S.E., M.Si. dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Rektor Untar menyampaikan harapannya agar para profesor yang baru dikukuhkan dapat terus menghasilkan berbagai karya dan berkontribusi terhadap masyarakat. Ia juga menekankan pentingnya para profesor dalam mendukung dosen-dosen lainnya untuk mencapai jabatan akademik profesor.

 

Riwayat Singkat Pendidikan dan Karir

Dilahirkan di Padang 20 Februari 1979 menempuh pendidikan Sarjana Teknik Informatika FT Untar dan melanjutkan kuliah Magister Ilmu Komputer di Universitas Indonesia. Gelar doktor Ilmu Komputer diraihnya di Nagoya University – Jepang melalui beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho).

Selain berkecimpung di bidang teknologi informasi, Ia juga merupakan salah satu dari Global Faculty Scholars pada Kauffman Foundation – USA untuk program Entrepreneurship. Prof. Lina pernah memegang jabatan sebagai Pembantu Dekan II FTI Untar periode 2010-2014. Kepala Sekretariat Untar periode 2014-2016, serta Wakil Dekan FTI Untar periode 2018-2022. Prof. Lina merupakan alumni Program Studi Sarjana Teknik Informatika Untar pertama yang memperoleh gelar Profesor Bidang Teknik Informatika. (KJ/AW/KJ)

Berita Terbaru

Agenda Mendatang

 

1

Juni

Hari Lahir Pancasila

7-8

Juni

Rapat Kerja FTI Untar 2024

17

Juni

Hari Raya Idul Adha 1445 H

31

Juli

Batas Akhir Pendaftaran Mahasiswa Baru